Rabu, 24 Oktober 2012

BPBD Riau belum Tangani Banjir di Kampar

Penulis : Rudi Kurniawansyah|Rabu, 24 Oktober 2012

PEKANBARU--MICOM: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau belum bisa
berupaya menanggulangi bencana banjir di Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, karena belum ada laporan tentang bencana itu dan permintaan bantuan.

"Kami belum bisa melakukan langkah apapun, baik memberi bantuan atau pun melaksanakan aksi penanggulangan bencana banjir di Kampar," kata Kepala BPBD Riau Syamsurizal kepada mediaindonesia.com di Pekanbaru, Rabu (24/10).

Menurutnya, banjir setinggi 50 sentimeter akibat luapan Sungai Kampar memang sedang melanda sejumlah desa di Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar. Banjir terjadi karena tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan tersebu beberapa hari terakhir.

Namun, kata Syamsurizal, BPBD Riau sampai kini belum menerima laporan resmi sekaligus surat permintaan bantuan dalam penanganan banjir luapan Sungai Kampar. "Belum ada laporan yang diterima dari BPBD Kampar. Itu artinya mereka masih bisa mengatasinya sendiri," ujar Syamsurizal.

Dalam penanggulangan bencana banjir, lanjutnya, biasanya BPBD Riau akan mengkoordinasikan penanganannya bersama instansi terkait di kabupaten/kota. Termasuk bantuan transportasi, perahu motor, ambulance, tenda, dan dapur umum. "Biasanya kami berkoordinasi dulu dengan Dinas Sosial dan instansi terkait. Nanti baru kita laksanakan kegiatan sesuai tugas yang disepakati bersama itu," ungkapnya. (RK/OL-01)

Tidak ada komentar: