Rabu, 24 Oktober 2012

Berangkat Haji, Pria Ini Jalan Kaki 5.700 Km

TEMPO.CO, Mekah - Senad Hadzic, calon haji asal Bosnia berusia 47 tahun, nekad berjalan kaki meninggalkan negaranya, akhir Desember 2011, menuju Kota Suci Mekah. Ia melintasi tujuh negara, termasuk daerah konflik Suriah.

"Saya tiba Sabtu (21 Oktober 2012) di Mekah. Saya tidak lelah. Ini merupakan hari terbaik selama hidupku," katanya kepada AFP ketika tiba di Mekah, melalui telepon.

Dia mengatakan telah berjalan kaki sepanjang 5.700 kilometer dalam tempo 314 hari. Selama dalam perjalanan, Hadzic melintasi Bosnia, Serbia, Bulgaria, Turki, Suriah, dan Yordania hingga Mekah dengan bekal seberat 20 kilogram dalam ransel.

Seluruh perjalanannya dia tulis dalam laman Facebook, berikut foto-foto kartu tanda keluar-masuk untuk warga asing yang dikeluarkan oleh kantor Kementerian Dalam Negeri Suriah.

"Saya memasuki Suriah pada April 2012. Saya berjalan kaki sekitar 500 kilometer dalam waktu 11 hari. Saya pergi melintasi Aleppo dan Damaskus, serta melewati puluhan pos penjagaan yang didirikan oleh pasukan pro-pemerintah maupun pemberontak. Tetapi, saya tidak pernah ditahan," ujar Hadzic.

"Saya berjalan kaki karena Allah, demi Islam, untuk Bosnia-Hercegovina, orang tua dan saudara perempuanku," ia menambahkan.

Dalam laman Facebook-nya, dia katakan Allah telah menunjukkan jalan untuk mewujudkan mimpinya, termasuk melewati Suriah hingga Irak.

Selama menuju ke Tanah Suci, Hadzic menghadapi temperatur udara ekstrem mulai dari minus 35 derajat Celsius di Bulgaria hingga plus 44 derajat Celsius di Yordania.

Dia menjelaskan, dia menunggu selama beberapa minggu di Istanbul untuk mendapatkan izin menyeberang ke Jembatan Bospohorus guna berjalan kaki dan dua bulan di perbatasan antara Yordania dan Arab Saudi untuk memperoleh visa.

ARAB NEWS | CHOIRUL

Tidak ada komentar: