Selasa, 23 Oktober 2012

Peduli Dunia Pendidikan, Pemkab Bantu Anak Kurang Mampu

TAPUNG-Bupati Kampar mengatakan bahwa akan yang memberikan perhatian dan peduli terhadap kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Kampar. Tahun 2012 ini, Pemerintah Kabupaten Kampar pada Tahun Anggaran (TA) 2012, kurang lebih dari 14.600 pelajar khususnya yang mengikuti pendidikan di Sekolah Dasar (SD) akan menjadi prioritas utama untuk menerima bantuan pakaian sekolah.

Hal itu disampaikan H Jefry Noer dalam acara temu ramah dan silaturrahmi dengan lapisan masyarakat di tiga Kecamatan, Tapung, Tapung Hulu, Tapung Hilir, Selasa, 23 Oktober 2012. Bertempat di Aula Kantor Camat Tapung, di Desa Petapahan. di Masjid Raya Kecamatan Tapung Hilir, di Koto Garo. Dan di Masjid Raya, Kecamatan Tapung Hulu, di Desa Suram. Dalam kesempatan itu juga, Bupati Kampar menyerahkan pakaian muslim atau tepatnya baju koko untuk tokoh masyarakat seperti imam, gharim dan bilal pada seluruh masjid, para RT dan RW, Kepala Dusun serta tokoh masyarakat setempat.

" Bantuan pakaian sekolah dari Pemkab Kampar tersebut akan diberikan kepada anak didik yang masuk dalam kategori kurang mampu," ujar Bupati kampar.

Disampaikannya, dana untuk bantuan pakaian anak sekolah tersebut telah tertuang dalam APBD murni Kabupaten Kampar untuk sebanyak 9.600 orang anak didik dan ditambah lagi dari dana APBD-P Kabupaten Kampar tahun 2012 untuk 5000 orang anak didik kurang mampu.

" Bantuan pakaian untuk 14.600 orang anak didik tersebut, dalam setiap paket yang diberikan terdiri dari baju seragam, sepatu sekolah dan tas sekolah," kata Bupati.

Patut diketahui semua pihak bahwa secara pribadi maupun sebagai Bupati, ia merasa iba dan kasihan melihat masih ditemukannya anak-anak didik pada tingkat Sekolah Dasar (SD) yang karena ketidakmampuan orang tuanya pergi ke sekolah dengan pakaian sobek dan lusuh serta memakai sepatu yang telah robek dan sepertinya sepatu yang dipakai anak didik tersebut telah masuk dalam kategori yang tidak layak pakai.

Sementara itu di dalam lingkungan sekolah anak didik tersebut juga anak didik yang berpakaian necis dan sepatu yang bagus.

" Secara psikologis hal tersebut akan membuat anak-anak yang orang tuanya kurang mampu akan merasa rendah diri," ujarnya lagi.

Justru karenanya untuk memacu kreatifitas anak didik dan memberikan semangat untuk terus maju kepada seluruh anak didik. Maka Pemkab Kampar dibawah kepemimpinan Bupati Kampar H Jefry Noer dan Wakil Bupati Kampar H Ibrahim Ali SH membuat program pemberian bantuan pakaian sekolah bagi anak didik.

" Saya berharap agar bantuan pakaian anak sekolah yang masuk dalam ketegori orang tuanya kurang mampu tersebut betul-betul tepat sasaran dan jangan sampai ada pihak yang menyalahgunakan bantuan pakaian sekolah tersebut kepada anak-anak yang orang tuanya termasuk kategori orang mampu," pesan mantan Anggota DPRD Riau ini kepada mengingatkan kepada instansi terkait.

Bukti Kepedulian Pemkab Kampar Pada Dunia Pendidikan

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar
Drs H Jawaher, M.Pd menyampaikan memang di TA 2012 ini, Pemkab telah menganggarkan bantuan pakaian sekolah kepada 14.600 anak didik yang termasuk dalam kategori kurang mampu diwilayah Kabupaten Kampar.

" Pendistribusiannya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini," tutur mantan Kepala Sekolah di Kabupaten Pelalawan itu.

Disebutkannya, bantuan tersebut merupakan bukti kepedulian Pemkab Kampar dalam upaya memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Kampar dibawah kepemimpinan Bupati Kampar H Jefry Noer.

Tidak ada komentar: