Minggu, 10 Juni 2012

Penyaluran Dana Bergulir Harus Ikuti Perbup

BANGKINANG-Mekanisme penyaluran dana bergulir, yaitu masyarakat mengajukan permohonan ke Dinas/Badan terkait sesuai bidang usaha, Dinas/Badan terkait meneliti persyaratan dan survey lapangan. Selanjutnya meneruskan permohonan masyarakat kepada Bank melalui tim verifikasi. Tim verifikasi melakukan pembahasan dan mengeluarkan berita acara sebagai dasar pencairan pinjaman di Bank oleh debitur (masyarakat).

Mekanisme tersebut mengacu kepada atau tetap mempedomani Peraturan Bupati Kampar Nomor 6 Tahun 2012 tentang petunjuk pelaksanaan dana bergulir program ekonomi kerakyatan Kabupaten Kampar yang dikeluarkan pada tanggal, 22 Februari 2012  yang ditanda tangani langsung oleh Bupati Kampar H Jefry Noer.

" Mekanisme tersebut di undangkan di Bangkinang pada tanggal, 22 Februari 2012 serta menjadi Berita Daerah Kabupaten Kampar Tahun 2012 Nomor 6," ujar Kabag Humas Setda Kabupaten Kampar Amri Yudo ketika dihubungi wartawan, di Bangkinang. Ahad (10/06/2012).

Menurut mantan Camat Kampar, dana bergulir adalah dana pemerintah Kabupaten Kampar yang ditempatkan pada lembaga keuangan (Bank) dalam hal ini Bank PD BPR Sarimadu dengan persyaratan yang telah ditentukan, dan dipinjamkan langsung kepada masyarakat.

" Sedangkan calon peminjam diprioritaskan kepada alumni Diklat Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Pertanian Terpadu Karya Nyata Kubang Jaya, Siak Hulu yang telah memperoleh sertifikat. Dan jangka waktu peminjaman dana bergulir maksimal 1 tahun atau 12 bulan," kata Amri.

Kata Kabag Humas, untuk persyaratan peminjam untuk kategori perorangan adalah pertama membuat permohonan atau form 1.a. Kedua, surat pernyataan tidak sedang menerima pinjaman (form 2). Ketiga, poto copy KTP suami-istri atau ahli waris, dan Kartu Keluarga (KK). Keempat, rekomendasi Desa/Kelurahan. Kelima, rekomendasi Dinas Teknis (form 3.a dan 3.b). Keenam, borought atau jaminan. Ketujuh, pasfoto warna terbaru (4x6) cm suami-istri atau ahli waris, masing-masing 4 lembar dan kedelapan surat izin usaha (bagi usaha yang memerlukan izin tertentu.

" Permohonan masyarakat yang masuk ke dinas dan badan, maka Dinas dan Badan terkait melakukan seleksi dan penilaian terhadap aspek kelengkapan administrasi dan survey lapangan dan melakukan analisa kredit," paparnya.

Pada aspek kelengkapan administrasi dan survey lapangan dilakukan pengecekan persyaratan pinjaman, keabsahan dan legalitas berkas pemohon, nilai nominal borought/jaminan dan melakukan survey/analisa kredit lapangan (Out Door) sesuai form 13 atau 14).

Pada saat melakukan analisa kredit menggunakan prinsip 5C yaitu character atau sifat manusia, capasity atau teknis dan produksi, Capital berupa modal fisik dan non fisik, callateral atau borought/jaminan dan condition atau keadaan usaha sekarang dan masa akan datang).

Intinya untuk pencairan kredit dana bergulir program ekonomi kerakyatan Kabupaten Kampar tahun 2012 mengacu atau mempedomani Peraturan Bupati Kampar Nomor 6 Tahun 2012 dan persyaratan tersebut berlaku bagi semua pihak yang mengajukan permohonan pinjaman.

" Serta perlu diingat, pada waktu akad kredit akan ditanda tangani maka seluruh bahan dan persyaratan pinjaman adalah berkas asli," sebutnya.

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut