Minggu, 10 Juni 2012

Antisipasi Kebutuhan Darah di Bulan Ramadhan

+ PMI Kampar Giatkan Donor Darah

BANGKINANG–Mengantisipasi melonjaknya kebutuhan darah di bulan Ramadhan mendatang, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kampar meningkatkan kegiatan donor darah masal. Jelang bulan puasa, tiga lembaga akan menggelar kegiatan donor darah massal.

" Donor darah pertama digelar Himpunan Mahasiwa Teknik Pengolahan Sawit Politeknik Kampar, pada Kamis (14/6) pekan depan. Berikutnya, bekerjasama dengan TNI dan KB-Kes, PMI Kampar akan menggelar kegiatan donor darah di Kecamatan Tapung. Tak ketinggalan, jajaran Polres Kampar juga bakal menggelar donor darah sempena hari Bhayangkara tahun ini," ujar Ketua PMI Kabupaten Kampar H Zulher menjawab wartawan, usai mendonorkan darahnya di Unit Doroh Darah (UDD) Sekretariat PMI Kabupaten Kampar, di Bangkinang, Jumat (08/06/2012) pagi.

Disamping itu Zulher juga mengungkapkan, jelang Ramadhan tahun ini PMI Kampar akan meningkatkan kegiatan donor darah untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan darah di bulan Ramadhan. Alasannya, di bulan puasa memang tidak memungkinkan untuk dilakukannya donor darah.

" Pendonor sedang berpuasa. Sehingga terjadi dehidrasi (kekurangan cairan). Jadi, upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kampanye dan kegiatan donor darah," katanya.

Ditambahkan dr Yosi Eka Putri selaku Direktur UDD PMI Kabupaten Kampar, bahwa sejauh ini tingkat kepedulian masyarakat Kampar untuk mendonorkan darahnya masih relatif tinggi. Dua lembaga dimana personelnya rutin mendonorkan darahnya adalah jajaran kepolisian dan jajaran TNI di Kampar.

" Mendonorkan darah merupakan diantara wujud kepedulian terhadap sesama. Setetes darah dapat membantu untuk menyelamatkan nyawa orang lain," sebutnya, sembari membeberkan untuk yang rutin mendonorkan darahnya adalah orang yang mempunyai bergolongan A.

Disebutkanya, ia mengajak kepada masyarakat Kampar untuk menjadi bank darah. Tujuannya membantu sesama. Selain bisa membantu orang lain, donor darah juga berdampak positif bagi kesehatan.

Zulher yang sehari-harinya juga Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau itu sengaja datang ke UDD PMI Kampar untuk mendonorkan darahnya.

" Ini sudah molor dari jadwal donor saya," ungkap Zulher. Sesuai data di UDD PMI Kampar, sebelumnya mantan Sekda Kampar itu terakhir mendonorkan dorahnya di UDD PMI Kampar pada pertengahan bulan Januari lalu, tepatnya Ahad (22/01/2012) lalu, sekitar lima bulan silam.
    
Menutur Yosi Eka Putri, untuk ketersediaan darah di UDD PMI Kampar masih tersedia banyak untuk golongan darah A dan B. Sementara untuk golongan darah O dan AB cukup minim.

" Kami berharap, semoga dalam kegiatan donor massal yang akan dilakukan pekan depan, kita bisa menutupi seluruh kebutuhan ketersediaan darah untuk semua golongan darah," harapnya.

Yosi yang dikenal seorang dokter cantik dan ramah ini terhadap siapa saja mengajak masyarakat yang secara pribadi ingin mendonorkan darahnya untuk datang langsung ke UDD PMI Kampar di Jalan Datuk Tabano, Bangkinang.

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut