Minggu, 10 Juni 2012

Alumni P4S Karya Nyata Minati Peternakan

BANGKINANG-Kegiatan usaha dibidang peternakan sapi ternyata paling diminati oleh para alumni Diklat P4S Karya Nyata Pertanian Terpadu Kubang Jaya Siak Hulu. Hal itu dibuktikan dengan jumlah proposal pengajuan pinjaman dana bergulir program ekonomi kerakyatan yang masuk sampai minggu pertama di bulan Juni 2012 berjumlah sebanyak 638 buah proposal.

" Usaha peternakan sapi yang dikelola para alumni yang telah mencairkan kredit dana bergulir berupa usaha penggemukan sapi dan usaha pengembangan budidaya sapi Bali," ungkap Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kampar H Cokroaminoto melalui Kabid Produksi dan Pengembangan H Nugroho Budiono saat dikonfirmasi wartawan, di Bangkinang. Ahad (10/06/2012).

Menurut Kabid, dari pantauan para petugas peternakan yang memantau langsung kegiatan usaha peternakan sapi yang dikelola para alumni Diklat P4S Karya Nyata Kubang Jaya Sak Hulu ternyata satu ekor sapi betina dibeli dengan harga rata-rata sekitar Rp 5 juta dan satu ekor sapi jantan dibeli dengan harga rata-rata sekitar Rp 6 juta.

" setelah para alumni Diklat P4S Karya Nyata mencairkan kreditnya di Bank PD BPR Sarimadu, maka para alumnilah yang langsung membeli sapi yang akan mereka pelihara dan para petugas Dinas Peternakan hanya memberikan bimbingan tehnis tentang ciri-ciri bakalan sapi yang baik untuk usaha penggemukan sapi dan usaha pembudidayaan ternak sapi," terangnya.

Kisaran jumlah pencairan kredit oleh para alumni P4S Karya Nyata Pertanian Terpadu Kubang Jaya Siak Hulu adalah pada besaran mulai dari Rp 25 juta, Rp 30 Juta, Rp 35 Juta, Rp 40 Juta, Rp 45 Juta, Rp 50 Juta, Rp 55 Juta, Rp 60 Juta, Rp 70 juta dan beberapa orang saja yang mencairkan pinjaman senilai Rp 80 juta.

" Hingga minggu pertama Juni 2012 jumlah proposal usaha peternakan yang diajukan para alumni dan berkas proposalnya masuk ke Dinas Peternakan Kabupaten Kampar sebanyak 638 buah proposal," sebutnya.

Begitu proposal masuk, maka Dinas Peternakan melakukan seleksi dan penilaian terhadap aspek kelengkapan administrasi dan nelakukan survey lapangan dan dilanjutkan dengan melakukan analisa kredit dengan menggunakan lima princip atau populer disebut 5C yaitu character, capasity, capital, collateral dan condition serta berakhir dengan dikeluarkannya rekomendasi.

Hingga minggu pertama Juni 2012 pihak Dinas Peternakan Kabupaten Kampar telah merekomendasikan sebanyak 363 buah proposal dan sekaligus telah mengirimkannya kepada tim verifikasi Kabupaten Kampar. Selanjutnya tim telah melakukan survey lapangan atas proposal yang masuk dan hingga setakat ini telah dilakukan survey lapangan untuk 141 proposal.

" Dan hingga minggu pertama Juni 2012 ternyata ada sebanyak 134 buah proposal yang belum lengkap dan diharapkan agar segera dilengkapi oleh masing-masing pemilik proposal," bebernya.

Sementara itu Direktur Utama Bank PD BPR Sarimadu H M Safri menegaskan bahwa Dinas Peternakan hingga akhir bulan Mei 2012 merupakan dinas yang terbesar menyedot dana bergulir program ekonomi kerakyatan Kabupaten Kampar tahun 2012.

" Tercatat sudah dicairkan tujuh tahap pencairan dana bergulir. Dari tujuh tahapan tersebut tercatat jumlah rekom persetujuan tim Kabupaten sebanyak 181 buah proposal atau 181 orang dengan jumlah pengajuan kredit sebesar Rp 8.210.000.000,-," katanya.

Kata Safri, kredit yang telah dicairkan melalui rekening masing-masing pemohon pada 150 rekening dengan jumlah pencairan sebesar Rp 7.025.000.000,-. Dan jumlah yang belum dicairkan sebanyak 31 rekening atau tepatnya nasabah belum datang atau belum mencairkan pinjaman senilai Rp 1.185.000.000,-.

" Dengan demikian hingga akhir bulan Mei 2012, ternyata Dinas Peternakan dengan usaha peternakan sapi merupakan Dinas terbesar menyedot dana bergulir," tuturnya.


1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut