Minggu, 28 Oktober 2012

Gaya Jokowi Pimpin DKI Bisa Jadi Patokan Penilaian pada Gubernur Lain

Danu Mahardika - detikNews

JakartaGubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kerap dielu-elukan berbagai pihak karena gaya kepemimpinannya di awal masa tugasnya ini. Gaya Jokowi ini dinilai bisa menjadi tolok ukur bagi masyarakat daerah lain untuk menilai gubernurnya.

"Seperti inilah pemimpin ideal. Sekarang semua bupati akan dituntut seperti Jokowi, semua gubernur akan dituntut seperti dia," jelas Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Danang Widoyoko saat ditemui di restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Minggu (28/10/12).

Menurut Danang, gaya kepemimpinan mantan walikota Solo ini bisa dibilang baru pertama kali ada. Ia menilai sejak dulu sebagian besar pemimpin biasanya bersifat elitis dan kurang dekat dengan rakyat.

"Inilah model kepemimpinn yang selama ini tidak ada. Mungkin ada, tapi belum terekspos. Tapi ini sebuah gebrakan baru menurut saya," lanjutnya.

Aktivis anti korupsi ini menambahkan, istilah 'Jokowi effect' kini sudah bukan identik lagi dengan bagaimana cara memenangkan pilkada namun juga bagaimana cara memimpin.

"Ini yang memberi inspirasi dan juga yang disebut jokowi effect itu bukan hanya bagaimana memenangkan pilkada tapi bagaimana menjadi pemimpin, bagaimana pemimpin harus berkomunikasi dengan masyarkat," imbuhnya.

(fjp/mad)

Tidak ada komentar: