Minggu, 31 Maret 2013

MTSN Model Kuok Lolos Nominasi Adiwiyata Nasional


KUOK-Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri Model Kuok, Desa Kuok, Kecamatan Kuok dan tiga sekolah lainnya di Kabupaten Kampar dinyatakan lolos nominasi Adiwiyata Nasional oleh tim penilai dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kampar.

Lolos nya MTS Negeri Model Kuok dan SMPN I Kampar Kiri Tengah, SMPN I Bangkinang dan SMAN 3 Tapung ini, berdasarkan hasil keputusan tim penilai Adiwiyata Kabupaten Kampar dari BLH Kabupaten Kampar pada tanggal 26 Maret 2013 lalu.

Kabid Pemantauan Lingkungan Hidup BLH Kabupaten Kampar Drs Rahmad Junaidi selaku Ketua Tim Penilai, yang didampingi Kasubid Pemantauan Kualitas Lingkungan Idrus S Sos, Sabtu (30/3/2013) kemarin, kepada wartawan mengatakan, terpilihnya empat sekolah tersebut berdasarkan hasil penilaian dan kajian tim dilapangan.

Dimana menurutnya, penilaian tersebut berdasarkan empat indikator pendukung yang harus dimiliki sekolah tersebut, yaitu kebijakan sekolah berbasis lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, partisipatif berbasis lingkungan dan sarana prasarana berbasis lingkungan.

" Ada empat indikator tersebutlah menjadi dasar tim dalam melakukan penilaian dengan melihat dan meninjau langsung ke sekolah yang bersangkutan," ungkap Rahmad.

Ia juga mengatakan dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata ini, dengan cara tulis apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis.

Tapi yang jelas, dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata ini, kata Rahmad bukan hanya sekedar sekolah terbersih, rindang, indah, nyaman dan aman saja.

" Akan tetapi bagai pihak sekolah sebagai pengambil kebijakan mampu membudayakan hidup bersih dilingkungan sekolah yang berangkutan," ujarnya.

Rahmad berharap, kedepan lebih banyak lagi sekolah di Kabupaten Kampar ini yang mengikuti program Adiwiyata yang diselengarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kementrian Pendidikan Nasional ini.

" Apalagi saat ini SMAN I Bangkinang dan SMAN 2 Siak Hulu sudah menuju Adiwiayata Mandiri Nasional, secara otomatis mereka harus membina sekolah lain minimal 10 sekolah untuk mengikuti Adiwiyata Nasional," sebutnya.

Untuk sekolah yang lolos nominasi Adiwiyata Provinsi Riau adalah, SD Negeri Terpadu 006 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, SDN 001 Salo Kecamatan Salo, SDN 005 Langgini Kecamatan Bangkinang dan MTSN Kampar Kecamatan Kampar Timur.

Sedangkan yang lolos Adiwiyata Kabupaten Kampar adalah SMAN I Kecamatan Bangkinang, SMPN I Siak Hulu, SMA Plus Pekanbaru, SMAN I Kampar Timur, SMAN Rumbio Jaya, SMA Muhammadiyah Bangkinang, SMKN I Bangkinang, SMPN I Kuok, SMAN I Tapung Hilir, SMAN I XIII Koto Kampar dan MAN Kampar.

Tidak ada komentar: