Selasa, 19 Juni 2012

Sekda Himbau PNS Harus Mampu Jalankan Tugas Dan Tanggungjawab Dengan Baik

Teks Berita Foto : Sekdakab Kampar H Azwan saat memberikan pengarahan pada pembukaan Diklat Pra Jabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan III di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda0 Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2012, bertempat di Aula Pertemuan, Komplek Kantor Bupati Kampar, di Bangkinang. Senin (18/06/2012) pagi.




BANGKINANG-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar mengingatkan bahwa yang harus dilakukan bagi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah disiplin dan mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas, karena sebagai abdi negara yang bertujuan untuk membangun daerah harus mampu menjalankan roda pemerintahan yang baik.

Hal itu diingatkan H Azwan saat memberikan pengarahan pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pra Jabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan III di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2012, bertempat di Aula Pertemuan, Komplek Kantor Bupati Kampar, di Bangkinang. Senin (18/06/2012) pagi.

" mau tidak mau, suka tidak suka, ini harus dilaksanakan karena saudara-saudara sudah memilih untuk menjadi seorang PNS," kecamnya kepada para PNS.

Disamping itu, PNS sudah seharusnya mensyukuri karena masih banyak masyarakat yang menginginkan sebagai PNS. Untuk itu dalam pelatihan nanti, diharapkan agar CPNS yang terpilih ini dapat mengikutinya dengan baik karena Diklat ini adalah dalam rangka pembentukan karakter untuk menjadi seorang PNS yang betul-betul diharapkan, baik pemerintah dalam membangun daerah dan mengayomi serta melayani masyarakat.

" PNS sebagai unsur utama Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur negara tentu mempunyai peranan yang menetukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan," sebutnya.

Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang mempunyai kopetensi yang diindikasikan dari sikap dan prilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggungjawab sebagai pelayan publik serta mampu menjadi menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk itu, sangat perlu dilakukan pembinaan melalui jalur pendidikan dan pelatihan yang mengarah kepada sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara serta tanah air yang berkopetensi secara teknis, manajerial atau kepemimpinan dengan menerapkan efesiensi, efektifitas dan kualitas dalam melaksanakan tugas yang dilakukan dengan penuh semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasi.

" Ada 10 (sepuluh) kunci keberhasilan dalam melaksanakan tugas yakni yang pertama, disiplin yang mampu menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban kemudian tanggung jawab terhadapat tugas yang diserahkan dan dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu serta berani memikul resiko atas keputusan yang diambil," ujarnya.

Mampu bekerjasama secara kelompok demi tercapainya sinergi organisasi dan memiliki kompetensi serta kreatif dan inovatif yakni suatu proses mental yang menyebabkan pemunculan gagasan dan konsep baru serta mengembangkan rencana-rencana dan gagasan untuk mencapai produktifitas kerja yang tinggi dan mampu untuk menentukan atau menimbulkan ide-ide baru, pikiran yang sangat berpengaruh dalan menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas dan pekerjaan.

Selanjutnya motivasi yakni dorongan dari dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tugas dan dengan dorongan itu pula merekan berbuat dan berprestasi tanpa harus menunggu perintah.

Etika dan moral yakni pola pikir atau kebiasaan yang baik dan dapat diterima oleh lingkungan pergaulan seseorang atau organisasi yang didalamnya terdapat semangat atau dorongan bathin dalam diri seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu serta jujur dan dapat dipercaya.

Kemudian loyalitas dan dedikasi serta rasa solidaritas atau kesetiakawanan antar sesama, dimana dimana perbuatan atau tindakan yang dilakukan dengan segala kemampuan dan semangat untuk mengabdikan diri terhadap pekerjaan maupun tugas terhadap unit kerja dan organisasi serta atasan yang didukung oleh kekompakan dan rasa memiliki pandangan positif dari anggota kelompok terhadap kelompoknya.

Hadir pada acara tersebut Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kampar H Bustami HY, Kepala BKD Kabupaten Kampar H Jon Sabri serta Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar dan peserta Diklat.

Sementara itu, Kabid Diklat BKD Kabupaten Kampar saat membacakan laporannya mengatakan tujuan Diklat ini yaitu meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan. Dan sikap untuk melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etikan PNS, sesuai dengan kebutuhan instansi dan menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharuan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

serta memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat dan menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum serta pembangunan demi terwujudnya, kepemerintahan yang baik (Good Governance) dan yang terakhir meningkatkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan serta membentuk kepribadian PNS.

Dimana peserta berjumlah 155 orang yang terdiri dari golongan II 52 orang, golongan III 103 orang dengan memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan sesuai kurikulum yang telah ditetapkan oleh Lembaga Administrsai Negara (LAN).

Tidak ada komentar: