Kamis, 14 Juni 2012

Desa Siberuang Butuh Sarana Pendidikan


KOTO KAMPAR HULU-Kepala Desa (Kades) Siberuang Muzakir Arsyad mengungkapkan untuk sarana pendidikan khusus Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sangat dirasakan kurang di Kecamatan Koto Kampar Hulu. sebab saat ini, hanya terdapat satu sekolah SLTA
Negeri yang berada di Desa Tanjung.

Hal ini tentunya dapat menghambat program pemerintah pada sektor peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang pendidikan di kecamatan ini. " Untuk itu, selaku kades tentu saja saya sangat menginginkan masyarakat desa Siberuang agar lebih maju dalam dunia pendidikan," ungkapnya saat menghadiri acara Pencanangan Bhakti Sosial (Bhaksos) Tentara Nasional
Indonesia (TNI) Keluarga Berencana (KB) Kesehatan tingkat Kabupaten Kampar tahun 2012, di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar. Kamis (14/06/2012) pagi.

Dirinya menganggap bahwa yang dapat memajukan suatu daerah atau desa adalah dengan memberikan ilmu pendidikan yang baik pula dan mampu di aplikasikan ditengah-tengah masyarakat, dalam rangka mensejahterakan dan memakmurkan desa.  

Saat ini kata kades, Pemerintahan Desa (Pemdes) tengah fokus pada pembangunan di sektor pendidikan dan jalan melalui dana pemberdayaan desa, namun kebutuhan yang paling mendesak adalah masalah peningkatakan SDM melalui pendidikan. Hal ini disebabkan pendidikan yang maju dapat memberikan kontribusi yang sangat bagi pembangunan dan kesejateraah masyarakat kedepan.

Seterusnya melalui pendidikan juga dapat merubah pola pikir generasi menjadi lebih baik untuk dapat berbuat dan memberikan kontribusinya dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang didapat dibangku sekolah untuk diaplikasikan ke masyarakat.

" Begitu juga dengan masa depan anak itu sendiri dalam meraih cita-citanya, akan dengan mudah dicapai apabila SDM nya memenuhi kriteria yang dibutuhkan," ujarnya.

Menurut Muzakir, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kampar telah begitu banyak memberikan perhatian terhadap pembangunan di Desa  Siberuang. Baik pembangunan infrastruktur maupun lainnya, namun demi mewujudkan satu dari lima pilar pembangunan yaitu peningkatan SDM melalui pendidikan yang juga merupakan keinginan dari masyarakat desa untuk dapat membangun sekolah
SLTA di desa siberuang.

" Maka dengan ini pula masyarakat sangat mengharapkan perhatian dan dukungan dari pemda agar semua ini terwujud," katanya lagi.
 
Kades menjelaskan bahwa keseriusan masyarakat dan pemdes ini, dibuktikan dengan telah disiapkannya tempat dan lokasi pembangunan sekolah hasil dari dana pemberdayaan desa dan PNPM mandiri pedesaan.

" Untuk itu, pemdes dan masyarakat berharap agar pemda memberikan dukungan melalui anggaran dari dinas-dinas terkait, untuk mewujudkan pembangunan SLTA di Desa Siberuang, Kecamatan Koto Kampar Hulu ini," jelasnya.

Tidak ada komentar: